Training ESQ dan Outbound Perdana Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Di Hotel Novus Puncak

Pembangunan karakter sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebuah institusi pemerintahan, apalagi bagi Kantor Imigrasi Klas I Tanjung Priok yang mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, 6-7 April 2012, Kantor Imigrasi Klas I Tanjung Priok menggelar in house Training ESQ Character Building I & ESQ Outbound angkatan pertama di Hotel Novus Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Drs. Ma’mun, Bc.IP.,SH.,MH. mengatakan, “Ini sebetulnya pembekalan untuk memperkuat sikap mental para petugas yang sangat diperlukan. Selama ini dalam pendidikan terlalu menitikberatkan pembekalan pengetahuan. Substansi itu penting, tapi yang lebih penting adalah pembekalan sikap mental dan motivasi untuk mendukung pelaksanaan tugas.”

Peserta outbound Kanim Kelas I Tanjung Priok berfoto bersama setelah Final Project (foto: Tino)

Ma’mun menuturkan, selama ini di tempat kerja selalu mengandalkan kecerdasan intelektual. Padahal realitanya tidak semata-mata itu. Ada yang lebih penting lagi, yaitu kecerdasan emosional dan spiritual. “Kalau emosi dan spiritualnya cerdas, Insya Allah akan menjadi pribadi yang baik dan produktif di tempat tugas.”

“Karena tugasnya pelayanan, jadi harus memiliki sikap mental yang ikhlas melayani, disiplin dalam tugas dan sungguh-sungguh bekerja karena didorong bekerja adalah ibadah. Saya kira kalau ada dorongan seperti ini, maka bertugas bisa maksimal dan tidak terpaksa,” ujarnya.

Ma’mun menambahkan, pengetahuan yang bagus tanpa adanya sikap mental dan motivasi tidak akan bisa mendukung kinerja. Tapi dengan pengetahuan biasa saja kalau punya mental baik, maka akan lebih maksimal dan itu realita yang terjadi di kantor. Menurutnya, program training dan outbound ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi. ESQ, lanjutnya, membekali perubahan mindset penguasa menjadi mindset pelayanan.

“Sudah saatnya pendekatan kekuasaan yang ditonjolkan kita hindari dengan pendekatan sikap pelayanan yang lebih manusiawi dan itu akan lebih efektif. Mari kita cermati substansi ESQ, kita pahami dan kita laksanakan,” himbaunya.

Alumni ESQ ini berharap, semua peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sunggguh, sehingga bisa menyerap materi secara maksimal dan yang paling penting adalah implementasinya. “ESQ adalah suatu metode pendidikan training yang bertujan membentuk karakter, sikap dan motivasi dengan perpaduan nilai-nilai emosional dan spiritual,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Klas I Tanjung Priok, Drs. Prastito Himawan, MH. mengatakan, mudah-mudahan setelah mengikuti ini tercipta motivasi kerja lebih baik, meningkatkan kesadaran dalam melayani masyarakat dan meningkatkan kedisiplinan.

“Sangat mengesankan sekali training dan outbound ini. Saya merasakan bagaimana gembiranya karyawan Kantor Imigrasi Tanjung Priok yang selama ini saya melihat tidak pernah ada kebersamaan, tapi mudah-mudahan setelah ini kita bisa bekerja dalam satu kesatuan,” ungkapnya.

Training yang dipandu Bramanto Wibisono, Dadang dan Yudi ini diikuti 64 peserta yang terdiri dari Kepala Sub Bagian, Kepala Seksi, staf dan lainnya.

Testimoni Peserta :

Syafrin Wijaya Kesuma (Kepala Sub Bagian Tata Usaha):

Kesan yang saya dapatkan sangat menyentuh dan menggugah hati. Saya rasakan ada rasa kebersamaan yang selama ini tidak pernah saya lihat. Saya mengucapkan terima kasih kepada ESQ, karena kami termotivasi dengan suasana kebersamaan ini. Kedepannya saya berharap dengan training dan outbound ini banyak manfaat yang diterapkan di tempat kerja kami. Semoga merubah paradigma kami untuk bekerja secara ikhlas, bekerja keras dan bekerja tuntas.

Jufierniaty (Kepala Sub Seksi Perizinan Lalu Lintas Keimigrasian):

Alhamdulillah kami bisa berkumpul di sini untuk mendapatkan bimbingan spiritual dan motivasi. Saya merasakan pengalaman spiritual yang luar biasa seperti kekompakan, kerjasama, etos kerja dan motivasi kerja. Semoga training ESQ dapat bermanfaat tidak hanya bagi kami yang merasakan, tapi juga bagi institusi. Saya mengucapkan terimakasih kepada ESQ yang telah memberikan motivasi bagi kami. (tino)

About ESQ Outbound

Pelatihan SDM dan Training Outbound dengan konsep terbaru, menggali pemaknaan, visi, misi, nilai perusahaan secara intelektual, emosional, dan spiritual dengan terintegrasi. Hubungi 0896 3796 6451 / 021-7696654

Posted on 09/04/2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.