Service Excellence Melalui ESQ Outbound Untuk Operator Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok

Kegiatan Outbound menjadi tren dan fenomena yang kian banyak diminati. Melalui pelatihan Outbound, diharapkan lahir “pribadi-pribadi baru” yang penuh motivasi, berani, percaya diri, kreatif, memiliki rasa kebersamaan, tanggung jawab, rasa saling percaya dan lain-lain.

Karena itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok menggelar In House Training ESQ Outbound angkatan pertama di Panjang Jiwo Resort, Desa Cikeas, Kab. Bogor, Jumat-Minggu (2-4/12/2011). Kegiatan yang dihadiri sekitar 160 PNS (Pegawai Negeri Sipil) ini mengusung tema “Bimbingan Teknis Service Excellence”.

Kepala Bidang Kependudukan, Epi Yanti mengatakan, ada empat tujuan utama diadakan kegiatan ini. Pertama adalah menjalin silaturahmi agar tercipta kebersamaan antar sesama pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok.

Kedua, untuk merefresh dari kegiatan rutinitas yang setiap hari mereka lakukan, sehingga dari sisi kecerdasan emosi dan spiritualnya diharapkan ada perubahan. “Kalau sudah mengalami titik jenuh dalam bekerja bisa berdampak pada pelayanan kurang baik. Padahal motto Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok adalah kota yang melayani dan mensejahterakan,” paparnya.

Ketiga, mudah-mudahan dari kegiatan ini mereka berorientasi pada pelayanan publik. “Kami mengharapkan kepada semua yang mendapatkan pelatihan ini dapat menjadi pelayan masyarakat yang berorientasi pada pelayanan publik, karena yang diurus adalah masyarakat dari sejak lahir sampai wafat,” jelasnya.

Keempat, diharapkan dengan mereka bekerja sebagai pegawai di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok dapat menjadi amal ibadah. Jadi tidak ada unsur keterpaksaan lagi dalam bekerja.
“Kita menggugah mereka supaya mindset-nya berubah. PNS itu adalah abdi masyarakat yang harus melayani masyarakat. Mereka harus paham bekerja sudah tanpa pamrih lagi. Kesadaran ini yang ingin kita bangun,” katanya yang juga sebagai peserta Outbound.

Yanti berharap dengan Outbound ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok dapat lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Contohnya dalam melayani pembuatan KTP secara elektronik, surat keterangan pindah kependudukan, penerbitan akta kelahiran, pencatatan akta kematian dan pencatatan pernikahan.

“Mungkin selama ini mereka bekerja dengan egonya masing-masing. Dengan adanya seperti ini mereka akan membuang itu dulu. Di sini mereka harus saling berbagi pengalaman, kebersamaan, dan kekompakan,” katanya.

Salah seorang peserta, Karnawih mengatakan, “Banyak sekali yang saya dapatkan. Kita diajak untuk melatih kebersamaan, tanggung jawab, kesabaran, dan kedisiplinan. Kalau tak ada hal tersebut kita tak akan bisa bersatu. Karena kekompakan tersebut kita akan mampu meraih semuanya. Mudah-mudahan Dinas Kependudukan bisa lebih kompak dan maju lagi.”

Testimoni

Reni Fauziah (Operator KTP):

Saya rasakan kegembiraan, kebersamaan, dan hati terasa lega. Semua himpitan kerjaan dan segala macam persoalan itu hilang dengan kegiatan ini. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa bekerja lebih gembira, bertanggungjawab, dan disiplin lagi.

Banyak banget manfaat dari games-games di sini. Kita itu kan bekerja terasa jenuh banget, karena sebagai operator setiap hari duduk sambil melayani orang. Kalau di sini kan kita olah raga, jadi badan bergerak dan jiwa jadi gembira.

Sebagai operator yang melayani masyarakat membuat KTP. Menurut saya ESQ ini bagus banget, kalau saya bilang kegiatan ini harus berkelanjutan. Siapa pun yang melayani itu sebaiknya harus mengikuti kegiatan ini. Jadi kita punya motivasi untuk ke depan. Semoga pelayanan kepada masyarakat yang mau membuat KTP dapat lebih baik lagi.

Mujahidin (Operator Akta Kelahiran):

Setelah saya mengikuti kegiatan ESQ ini banyak sekali manfaat yang saya terima, terutama mengenai kecerdasan emosi dan hati nurani yang sudah dipelajari. Kebetulan saya di bagian loket, ternyata banyak sekali kendala-kendala terutama masyarakat yang mendaftarkan akta kelahiran. Jadi mereka ingin dilayani dengan penuh sesama, tanpa memperhatikan atau mengikuti aturan dari Dinas Kependudukan. Kadang-kadang emosi kurang terkontrol, karena permintaan masyarakat lebih dari yang diharapkan.

Semoga dengan mengikuti kegiatan ini emosi saya dapat lebih terkontrol dan bekerja sesuai dengan yang telah dipelajari di sini dan sesuai dengan hati nurani. Saya berharap kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok bisa mengadakan kegiatan ini dengan berkesinambungan.

About ESQ Outbound

Pelatihan SDM dan Training Outbound dengan konsep terbaru, menggali pemaknaan, visi, misi, nilai perusahaan secara intelektual, emosional, dan spiritual dengan terintegrasi. Hubungi 0896 3796 6451 / 021-7696654

Posted on 05/12/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: